27 Juni 2015
Jaringan Kereta Api Indonesia
Pembangunan rel kereta api luar Pulau Jawa yang jika mengacu pada Rencana Induk Perkeretapian Nasional adalah 2030 dipercepat pengerjaannya tahun ini. Alasan utama percepatannya apalagi kalau bukan soal peningkatan kualitas infrastruktur yang menjadi salah satu janji Jokowi saat kampanye pemilihan Presiden 2014 lalu.
Di penghujung 2014 Presiden Jokowi juga berjanji kepada masyarakat Papua untuk membangun jaringan rel kereta api di pulau kaya raya itu. “Studi mengenai jalur kereta api di Papua akan kita mulai tahun depan,” ujar Jokowi waktu itu.
Seperti dikutip dari Detik Finance mengutip Program Strategis Perkeretaapian 2015 – 1019, inilah jaringan rel kereta api luar Pulau Jawa yang sengan dikebut pengerjaannya, yang jika dihitung panjangnya mencapai 3.258:
1). Koridor Pulau Sumatera
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera
Jalur KA baru Bireun – Lhokseumawe – Langsa – Besitang
Jalur KA baru Rantauprapat – Duri – Dumai
Jalur KA baru Duri – Pekanbaru
Jalur KA baru Pekanbaru – Muaro
Jalur KA baru Pekabaru – Jambi – Palembang
Jalur KA baru Simpang – Tanjung Api-Api
Jalur ganda KA Prabumulih – Kertapati
Jalur ganda KA Baturaja – Martapura
Jalur ganda KA Muara Enim – Lahat
Jalur ganda KA Cempaka - Tanjung Karang
Jalur ganda KA Sukamenanti – Tarahan
Jalur KA baru Rejosari/KM3 – Bakauheni
- Reaktivasi Jalur KA
Binjai – Besitang
Padang Panjang – Bukit Tinggi – Payakumbuh
Pariaman – Naras – Sungai Limau
Muaro Kalaban – Muaro
- Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan
Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan – Araskabu – Kualanamu)
Perkotaan Padang (Padang – BIM dan Padang – Pariaman)
Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim)
Perkotaan Palembang (Monorel)
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas)
Bandara Internasional Minangkabau, Padang
Bandara Hang Nadim, Batam
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
- Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan
Pelabuhan Lhokseumawe
Pelabuhan Belawan
Pelabuhan Kualatanjung
Pelabuhan Dumai
Pelabuhan Tanjung Api-Api
Pelabuhan Panjang
Pelabuhan Bakauheni
2). Koridor Pulau Kalimantan
- Pembangunan KA Khusus/Batubara/Akses Pelabuhan (Skema KPS)
Muara Wahau - Muara Bengalon
Murung raya – Kutai Barat – Paser – Panajam Paser Utara – Balikpapan
Puruk Cahu – Mangkatib
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan
Jalur KA baru Tanjung – Paringin – Barabai – Rantau – Martapura – Banjarmasin
Jalur KA baru Balikpapan – Samarinda
Jalur KA baru Tanjung – Balikpapan
Jalur KA baru Banjarmasin – Palangkaraya
Jalur KA baru Palangkaraya – Sangau – Pontianak – Batas Negara
Jalur KA baru Samarinda – Sangata - Tanjung Redep – Batas Negara
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Syamsuddin Noor
3). Koridor Pulau Sulawesi
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sulawesi
Jalur KA baru Manado – Bitung
Jalur KA baru Bitung – Gorontalo – Isimu
Jalur KA baru Pare Pare – Mamuju
Jalur KA baru Makassar – Pare Pare
Jalur KA baru Makassar – Sungguhminasa – Takalar – Bulukumba – Watampone
Jalur KA baru Mamuju – Palu – Isimu
- Pembangunan Kereta Api Perkotaan
Perkotaan Makassar dan sekitarnya
Perkotaan Manado
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan
Bandara Sultan Hasanuddin
Pelabuhan Garonggong, Pelabuhan New Makassar
Pelabuhan Bitung
4). Koridor Pulau Papua
- Pembangunan Jalur KA baru di Papua baru direncanakan satu, yaitu untuk jalur Sorong-Manokwari
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar