27 Juni 2015

Jaringan Kereta Api Indonesia

Pembangunan rel kereta api luar Pulau Jawa yang jika mengacu pada Rencana Induk Perkeretapian Nasional adalah 2030 dipercepat pengerjaannya tahun ini. Alasan utama percepatannya apalagi kalau bukan soal peningkatan kualitas infrastruktur yang menjadi salah satu janji Jokowi saat kampanye pemilihan Presiden 2014 lalu. Di penghujung 2014 Presiden Jokowi juga berjanji kepada masyarakat Papua untuk membangun jaringan rel kereta api di pulau kaya raya itu. “Studi mengenai jalur kereta api di Papua akan kita mulai tahun depan,” ujar Jokowi waktu itu. Seperti dikutip dari Detik Finance mengutip Program Strategis Perkeretaapian 2015 – 1019, inilah jaringan rel kereta api luar Pulau Jawa yang sengan dikebut pengerjaannya, yang jika dihitung panjangnya mencapai 3.258: 1). Koridor Pulau Sumatera - Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera Jalur KA baru Bireun – Lhokseumawe – Langsa – Besitang Jalur KA baru Rantauprapat – Duri – Dumai Jalur KA baru Duri – Pekanbaru Jalur KA baru Pekanbaru – Muaro Jalur KA baru Pekabaru – Jambi – Palembang Jalur KA baru Simpang – Tanjung Api-Api Jalur ganda KA Prabumulih – Kertapati Jalur ganda KA Baturaja – Martapura Jalur ganda KA Muara Enim – Lahat Jalur ganda KA Cempaka - Tanjung Karang Jalur ganda KA Sukamenanti – Tarahan Jalur KA baru Rejosari/KM3 – Bakauheni - Reaktivasi Jalur KA Binjai – Besitang Padang Panjang – Bukit Tinggi – Payakumbuh Pariaman – Naras – Sungai Limau Muaro Kalaban – Muaro - Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan – Araskabu – Kualanamu) Perkotaan Padang (Padang – BIM dan Padang – Pariaman) Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim) Perkotaan Palembang (Monorel) - Pembangunan Kereta Api Akses Bandara Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas) Bandara Internasional Minangkabau, Padang Bandara Hang Nadim, Batam Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II - Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan Pelabuhan Lhokseumawe Pelabuhan Belawan Pelabuhan Kualatanjung Pelabuhan Dumai Pelabuhan Tanjung Api-Api Pelabuhan Panjang Pelabuhan Bakauheni 2). Koridor Pulau Kalimantan - Pembangunan KA Khusus/Batubara/Akses Pelabuhan (Skema KPS) Muara Wahau - Muara Bengalon Murung raya – Kutai Barat – Paser – Panajam Paser Utara – Balikpapan Puruk Cahu – Mangkatib - Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan Jalur KA baru Tanjung – Paringin – Barabai – Rantau – Martapura – Banjarmasin Jalur KA baru Balikpapan – Samarinda Jalur KA baru Tanjung – Balikpapan Jalur KA baru Banjarmasin – Palangkaraya Jalur KA baru Palangkaraya – Sangau – Pontianak – Batas Negara Jalur KA baru Samarinda – Sangata - Tanjung Redep – Batas Negara - Pembangunan Kereta Api Akses Bandara Bandara Syamsuddin Noor 3). Koridor Pulau Sulawesi - Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sulawesi Jalur KA baru Manado – Bitung Jalur KA baru Bitung – Gorontalo – Isimu Jalur KA baru Pare Pare – Mamuju Jalur KA baru Makassar – Pare Pare Jalur KA baru Makassar – Sungguhminasa – Takalar – Bulukumba – Watampone Jalur KA baru Mamuju – Palu – Isimu - Pembangunan Kereta Api Perkotaan Perkotaan Makassar dan sekitarnya Perkotaan Manado - Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan Bandara Sultan Hasanuddin Pelabuhan Garonggong, Pelabuhan New Makassar Pelabuhan Bitung 4). Koridor Pulau Papua - Pembangunan Jalur KA baru di Papua baru direncanakan satu, yaitu untuk jalur Sorong-Manokwari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar